Total Pengunjung

1/02/2023

TES KOMPETENSI MANAJERIAL (TKM)

PREDIKSI
TES KOMPETENSI MANAJERIAL (TKM)
INSTANSI KEPOLISIAN
(Versi Manual dan CAT)

Tes kompetensi manajerial disusun sedemikian rupa dengan standar yang telah ditentukan guna mengukur kemampuan seseorang dalam situasi tertentu. Konsep yang dikembangkan adalah kemampuan cepat, tepat, dan bertanggung jawab, dalam menentukan pilihan jawaban yang sifatnya lebih skala umum dan terperinci.

Sebenarnya tidak ada jawaban salah atau benar dalam soal kategori TKM. Namun, prinsip nilai tinggi atau rendah sangat ditentukan dalam ketepatan memilih jawaban dengan konsep yang telah ditentukan. Kemampuan membaca, tingkat pemahaman, pemilihan jawaban, dan strategi kerja, merupakan satu hal yang tak dapat diabaikan, sehingga pada akhirnya akan menemukan nilai maksimal.

TKM untuk kepolisian tentunya akan didasarkan pada TUPOKSI Jabatan yang ketika menempati posisi tersebut. Banyak hal yang perlu dilakukan namun ada pula yang perlu dicermati. Sehingga, pada akhirnya kemampuan kerjalah yang menjadikan seseorang, tepat atau tidak, menempati posisi tersebut. . Berikut orientasi yang dikembangkan dalam TKM, antara lain:
a.    Kemampuan berpikir, antara lain: fleksibilitas berpikir, inovasi, berpikir analitis,  dan berpikir konseptual.
b.    Mengelola diri, antara lain: adaptasi terhadap perubahan, berintegritas, keuletan, pengendalian diri, komitmen terhadap organisasi, inisitaif, dan semangat berprestasi.
c.     Mengelola orang lain, antara lain: bekerjasama, mengembangkan orang lain, kepemimpinan, dan membimbing.
d.    Mengelola tugas, antara lain: berorientasi pada pelayanan, kesadaran akan keselamatan kerja, membangun hubungan kerja, bernegosiasi, kewirausahaan, pencarian informasi, perhatian terhadap keteraturan, komunikasi lisan, komunikasi tertulis, pengambilan keputusan, pengorganisasian kemampuan, perencanaan, manajemen perubahan, berorientasi pada kualitas, dan manajemen konflik.
e.    Mengelola sosial dan budaya, antara lain: tanggap terhadap pengaruh budaya, empati, dan interaksi sosial.

Rujukan pemaham soal TKM, antara lain:
1.    UU No. 2 Tahun 2002 - KEPOLISIAN RI
2.    Perka 23-2010-tentang-susunan-organisasi-dan-tata-kerja-pada-tingkat-polres



UNTUK MENDAPATKAN FILE
 
TES KOMPETENSI MANAJERIAL (TKM)
Harga: Rp. 150.000 

- Hubungi/Konfirmasi ke WA no. 0852 4204 6040 (Bp. Ismail)
- Setelah Transfer, file dan pasword akan kami kirim lewat WA


Catatan:
- INI HANYALAH CONTOH SOAL / PREDIKSI SOAL TKM VER. MANUAL
- SOAL DIDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI YANG DIKEMBANGKAN/ INFORMASI BERBAGAI PIHAK YG TELAH MENGHADAPI TES KOMPETENSI MANAJERIAL (TKM)
- MATERI TERDIRI DARI:  SOAL + JAWABAN + APLIKASI (Offline)
- TERDAPAT 3 PAKET SOAL DIDALAMNYA